Loading...

Minggu, 06 Januari 2013

Prestasi yang diraih Indonesia tahun 2012

Indonesia, Negara kepulauan terbesar di dunia ini memiliki beragam keunikan di dalamnya. Sudah banyak prestasi-prestasi canggih yang telah di ukir Indonesia baik dalam bidang olahraga, musik, akademik dan prestasi-prestasi  lainnya, berikut adalah beberapa prestasi canggih yang di raih Indonesia selama tahun 2012.
Pada bulan Januari, rekor dunia telah tercipta di kota Malang. Kunto Hartono  berhasil mencetak sejarah setelah mampu menabuh drum  selama 121 jam. Rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh drummer asal Amerika Serikat, Rush Prager dengan waktu 120 jam, berhasil dikalahkannya.


Pada bulan Febuari, para pelajar SMA dan Mahasiswa Indonesia mendominasi kemenangan di The 2012 Asian English Olympics (AEO) yang diadakan oleh Bina Nusantara English Club (BNEC) di Universitas Bina Nusantara (Ubinus) Jakarta. Olimpiade Bahasa Inggris Se-Asia tersebut digelar dengan tema “Inspiring Asia”, yang bertujuan tak hanya untuk menajamkan kemampuan berbahasa Inggris para pesertanya tetapi juga diharapkan bisa memberikan inspirasi pada orang yang ada di sekitar mereka melalui ajang itu.


Di bulan Maret, Badan tinju dunia World Boxing Association (WBA) menganugerahi petinju kebanggaan Indonesia, Chris John, penghargaan Lifetime Achievement Award “WBA Fighter of Decade” atas prestasinya yang mampu mempertahankan gelar juara kelas bulu (57 kilogram) versi WBA selama 15 kali, atau dalam kurun 9 tahun. Chris John di Indonesiaproud wordpress com“Ini penghargaan yang membanggakan saya. Ini kesuksesan tim; pelatih, manajer dan promotor, bukan kesuksesan pribadi,” kata Chris John.


Bulan April, Tim robot dari Universitas Gadjah Mada berhasil menyabet dua medali emas di ajang kompetisi Robogames 2012 di San Mateo Amerika, UGM juga menggondol satu medali perak di ajang yang diikuti oleh 16 negara ini.


Pada bulan Mei, Pecatur putri terbaik Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, di luar dugaan mampu menjuarai 11th Asian Continental Chess Championship yang digelar di Ho Chi Minh City, Vietnam. Gelar juara Asian Continental Chess Championship yang diraih Irene adalah sejarah baru. Irene menjadi satu-satunya pecatur Indonesia yang berhasil menjadi juara di Asian Continental Chess Championship selama 11 kali penyelenggaraannya.


Di bulan Juni, Tim perahu naga putra Indonesia mencetak prestasi membanggakan dengan meraih medali emas pada nomor 500 meter di 3rd Asian Beach Games, Haiyang 2012 yang diselenggarakan di Zone Flat Water Sports Haiyang, China.


Selanjutnya di bulan Juli, Leonny Atmadja menjadi pemenang di Singapore Blog Award, Blog “Our Everyday Things” yang dikelolanya itu meraih The Best Family Blog. Trofi diterima langsung oleh Leonny dari Menteri Pendidikan Singapura, Heng Swee Keat di Singapore Food Trail pada 21 Juli lalu.


Pada bulan peringatan kemerdekaan Indonesia, Agustus, Indonesia, negara yang baru pertama kali mengikuti World Cosplay Summit pada tahun ini di Nagoya, Jepang tidak disangka-sangka bisa menyabet gelar juara ketiga menyingkirkan kontestan langganan lainnya. Tim Indonesia yang terdiri atas Yesaya Marito dan Rizki Karismana dengan Cosplay Kidou Keisatsu Patlabor atau yang lebih dikenal dengan nama Mobile Police Patlabor ini ternyata mampu menampilkan performa yang sangat bagus serta kostum yang apik. Yesaya sendiri berperan sebagai Ingram dan Rizki berperan sebagai Griffon.


Di bulan September, Melody Grace Natalie menjadi orang Indonesia peraih emas di Asia Pacific Conference Of Young Scientists 2012 lewat Briket Duriannya. Melody berhasil mengolah limbah durian menjadi briket (arang) lebih ekonomis dengan kualitas bersaing dengan briket kayu.


Di bulan ke – 10 tahun 2012, Oktober, Pebulu tangkis Indonesia meraih juara di dua nomor dalam  Taiwan Terbuka atau  Yonex Chinese Taipei Open 2012, yang diselenggarakan di Hsing Chuang Gymnasium pada 2-7 Oktober lalu. Kemenangan pertama didapatkan dari pasangan pebulu tangkis Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta atas lawan setanah air, Suci Rizki Andini/Della Destiara Haris. Skornya 2-0 (21-15, 21-12). Gelar kedua diperoleh di nomor ganda campuran yang diwakili pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto, yang mengalahkan wakil Hong Kong Chun Hei Lee/Hoi Wah Chau dengan skor 2-0 (21-14, 21-14).


Memasuki akhir tahun di bulan November, Joko Anwar menorehkan prestasi membanggakan di kancah perfilman Internasional dengan meraih penghargaan ”Sutradara Terbaik” lewat karya film Modus Anomali pada Horror Film Festival Molins De Rei yang digelar di Barcelona, Spanyol.


Akhir tahun 2012, di bulan Desember, Fadhil Firyaguna, putera bungsu dari staf  KBRI Brasilia, Yannes Ahmad menjadi mahasiswa Indonesia pertama yang diwisuda  oleh Universitas Negeri Brasilia sejak berdirinya di tahun 1962. Fadhil diwisuda bersama 48 mahasiswa lainnya, dengan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Brasilia, Prof. Ivan Marques de  Toledo Camargo pada 3 Desember 2012.


Begitu banyak nih sob prestasi canggih dan keren yang diraih Indonesia, bahkan setiap bulannya ada prestasi yang di torehkan oleh bangsa kita ini. Semoga di tahun-tahun selanjutnya akan semakin banyak lagi prestasi canggih yang dapat di raih Negara tercinta kita ini, Indonesia. Selamat tahun baru 2013 sob.

0 komentar:

Poskan Komentar